Jumat, 17 Agustus 2018

Mars dan Makna Lambang atau Logo Kabupaten Mempawah

Logo Kabupaten Mempawah HD PNG - Nizwar ID
Ada perubahan nama dari Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah pada Tahun 2014, tak luput pula lagu Mars, lagu yang mempersatukan masyarakat mempawah, sebelumnya berjudul sesuai dengan nama kabupaten yaitu Mars Kabupaten Pontianak kini menjadi Mars Kabupaten Mempawah.

Seharusnya bukan lagi hal yang tabu dengan lagu ini, sebab lagunya sudah dikumandangkan dimana-mana, mau itu dari instansi pemerintah, didunia pendidikan, setiap sekolah dikabupaten Mempawah pasti setiap upacara senin menyanyikan lagu ini. 😍
Ilustrasi Bernyanyi Lagu Mars Mempawah - Nizwar ID
Oh iya.. Lagu Mars Kabupaten Mempawah didapatkan melalui Sayembara pencarian Himne Mars Mempawah setelah penetapan Peraturan Pemerintah No 58 pada Tahun 2014, dan sayembara ini dimenangkan oleh Gina Selfira,maka tercetuslah Mars Kabupaten Mempawah yang kita nyanyikan saat ini.

Lirik Mars Kabupaten Mempawah

Kobarkan semangat didalam jiwa
Sambut sang surya dibumi tercinta
Kabupaten Mempawah
Tanah pertiwi Indonesia
Bulatkan tekad maju bersama
Satukan tujuan dalam satu cita
Dengan ilmu teruskan asa dan berkarya
Dibawah panji Pancasila
Pusaka Bhinneka Tunggal Ika
Masyarakat Kabupaten Mempawah
Berbudaya dengan iman dan taqwa
Bersama bangun negri tanah tercinta
Terus maju Kabupaten Mempawah
Masa depan menanti kita
Sejahtralah tetap jaya
Kabupaten Mempawah
Ga hanya Lagu Mars, yang ikut berubah dalam pergantian Nama Kabupaten ini adalah Lambangnya, dari sebelum yang berlambangkan Mandau, Keris, Perahu, Padi dan Kapas, sebagai mata pencarian masyarakat Kabupaten Pontianak, kini berubah lebih halus dengan melambangkan  Maju Dengan Ilmu.

Lambang ini juga didapatkan dari Sayembara, dimana sayembara ini dimenangkan oleh Muhammad Atta, S.T., selanjutnya disempurnakan lagi oleh tim ahli, karena katanya lambang masih berunsur kekrasan, sementara yang dicari adalah ilmu pengetahuan, maka didapatilah lambang seperti dibawah ini.
Logo Lambang Kabupaten Mempawah Ultra HD PNG - Nizwar ID
Simbol-simbol dari lambang diatas memiliki makna masing-masing, dimana yang mencolok dari lambang itu adalah Pena dan Buku diantara Payung kuning dan sebuah Nampan, kalo lo belum tau arti dari simbol-simbol tersebut, berikut penjelasannya.

Makna Lambang Kabupaten Mempawah

  1. Gambar Perisai dengan selingan warna merahputih, ini menandakan bahwa Kabupaten Mempawah masih didalam naungan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  2. Buku, Pena, menandakan unsur ilmu pengetahuan, pembangunan Kabupaten Mempawah sangat berkatian erat dengan Ilmu Pengetahuan, sementara Payung dan Nampan yang berwarna kuning, menandakan Kabupaten Mempawah berasal dari gabungan antara Kerajaan Mempawah dan Bakule Rajakng, juga Nampan bisa di maknai dengan kebersamaan Pemerintah yang senantiasa mengayomi seluruh lapisan masyarakat.
  3. Jumlah 21 Padi, 7 Kapas yang diikat dengan Pita simpul 2, juga ada 14 Gerigi, semua ini jika digabungkan akan mempresentasikan ketetapan perubahan Nama dari kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah pada tanggal 21 Juli 2014, sementara arti dari masing-masing lambang itu adalah Mata Pencarian Masyarakat Mempawah yang mendominasi sebagai Petani (disimbolkan dengan Padi dan Kapas yang disimpul) dan juga Nelayan (disimbolkan dengan gerigi berwarna biru).
  4. Juga ada Ribbon dengan tulisan "Maju Dengan Ilmu", yaitu Optimisme Pemerintah dan Masyarakat yang membangun Mempawah menjadi bumi pendidikan. 
  5. Warna Hijau yang melengkapi latar gambar bisa dimaknai dengan Bestari, semboyan Mempawah Kota Bestari sudah tidak asing lagi didengar, semboyan yang memiliki kepanjangan "Bersih, Sejuk, Tertib, Aman, Ramah, Indah" memang pas dan melekat dibenak Masyarakat Mempawah.
Itulah yang bisa gue tulis dari Mars dan makna Lambang Kabupaten Mempawah, Pastikan masyarakat Mempawah Hafal lagu Mars dan Tau bentuk Logonya ya 😒, kalo gatau gue sentil mata lu!, mungkin segini aja artikel tentang Mars dan Makna Lambang Kabupaten Mempawah, yang pasti ini Kota Kece tempat gw lahir 😘, okeh See Ya!.

Cari dengan kata-kunci

  • Lagu Mars Kabupaten Mempawah

  • Mars Kabupaten Mempawah

  • Hymne Mempawah

  • Logo Kabupaten Mempawah HD

  • Logo Kabupaten Mempawah PNG Transparan

  • Kabupaten Mempawah Kota Bestari

Bagikan Ke Temen-Temen mu!

Related

0Komentar